bispariwisata.blogspot.com Merupakan Solusi Praktis Sewa Bus Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Karoseri Jawa Timur Part 1

Karoseri Di Jawa Timur

Kalau kita bicara tentang Bus tentu tidak ketinggalan dengan yang namanya Body Bus, karena sekarang mulai bermunculan Bus dengan Body yang bagus dan menarik, tentu itu tidak lepas dari peran serta Karoseri.

Baik, sebelum kita bersama-sama membahas lebih dalam tentang karoseri kita lihat dulu dari sisi arti atau pengertian dari karoseri itu sendiri. Karoseri yang berasal dari kata Carrosserie dari Belanda adalah rumah-rumah kendaraan di bangun di atas rangka / chasis mobil, truk maupun bus

Sejarah awal karoseri Indonesia menggunakan rangka yang terbuat dari kayu yang di lapisi plat logam yang tipis, kemudian lama kelamaan industri ini berkembang dengan sangat pesatnya sekitar tahun 1970. Banyak sekali mobil penumpang atau minibus yang dibangun dari mobil pick-up dan juga pembuatan bus yang dari chasis truk. Industri karoseri memproduksi untuk bus, truck, mobil khusus pemadam kebakaran dan ambulan.

Pembuatan karoseri sekarang mempunyai teknologi yang di sebut Monocoque. Mempunyai tingkat kenyamanan dan keselamatan lebih bak karena menggunakan bahan yang ringan serta kuat seperti aluminium, serta carbon fibre (kaca serat termasuk serat arang).

Di Jawa Timur perkembangan indusri karoseri sangat pesat. Dan banyak sekali Industri Karoseri di Jawa Timur, tetapi kali ini kita akan bahas bersama-sama karoseri yang focus pengerjaan untuk Prusahaan Otobus atau mengerjakan bus. Bagi owner PO (Perusahaan Otobus) pasti tau karoseri-karoseri yang berada di Jawa Timur. Kita akan bahas sama-sama karoseri ternama yang berada di Jawa Timur serta Produk yang di hasilkan.

Berikut nama beberapa karoseri di Jawa Timur :
-         Adi Putro (Malang, Jawa Timur)
-         Morodadi Prima (Malang, Jawa Timur)
-         Tugas Anda (Pasuruan)
-         Tentrem (Malang)
-         Piala Mas (Malang, Jawa Timur)

Adi Putro

Adi Putro merupakan salah satu karoseri yang ternama, yang berlamatkan di Jl.Raya Bale Arjosari 35, Karanglo Malang. Untuk alamat Adi Putro sangat strategis karena tepat di sisi jalan raya kalau kita kearah Malang, jika kita dari arah Surabaya posisi Karoseri Adi Putro berada di sisi kanan jalan.


Karoseri Adi Putro berawal dari sebuah bengkel kecil yang berdiri mulai Tahun 1973 oleh sepasang kakak beradik yang sebelumnya bekerja di salah satu dealership otomotif. Mereka melihat semakin tinggi minat pasar terhadap transportasi umum atau penumpang. Konsep awal mereka berdua dengan marubah sebuah mobil pick-up menjadi kendaraan berpenumpang. Dengan ide yang meraka lakukan ternyata banyak yang merespon dengan baik, ini merupakan cikal bakal awal dari sebuah bengkel kecil yang mereka dirikan pada Tahun 1973. Dengan bengkel kecil yang mereka buat mereka membuat usaha karoseri dengan pengerjaan mini bus dalam skala kecil.

Dengan ketekuan dan kegigihan hanya dalam waktu 2 Tahun. Yaitu Tahun 1975, PT Adi Putro Wira Sejati telah resmi didirikan, yang berlokasi Malang. Dengan hasil karya baik, mereka selalu menjaga kualitas yang mereka hasilkan. Untuk tetap menjaga kualitas yang meraka hasilkan Tahun 1982 mereka investasi dipermesinan yang dikenal dengan kualitas Full Pressed Body. Dan inovasi meraka tidak berhenti di situ saja, Tahun 1986 sistem pengecatan yang dilakukan menggunakan sistem pengecatan Oven dan Tahun 1989 Adi Putro mengembangkan sayapnya untuk membuka kantor pemasaran di Jakarta dan pabrik perakitan di Bekasi yang beralamatkan di Jl. Raya Bekasi km.27 Bekasi. Pengembangan-pengembangan terus dilakukan oleh Adi Putro terbukti dijalinnya kerjasama dengan produsen Bus di Jerman. Dan pengiriman tenaga ahli Adi Putro untuk belajar di Jerman untuk mengembangkan kemampuan di sana. Perjanjian kerjasama itu dimulai pada Tahun 1994.

Banyak sekali produk yang dihasilkan dari Karoseri Adi Putro.
  • Bus 
  • Medium Bus 
  • Coaster 
  • Micro Bus (Isuzu Elf, Hino Dutro, Toyota Dyna, Mitsubishi Fuso) 
  • Dll. 
Pada awal Tahun 2012. Adi Putro membuat sebuah brand baru yang disebut dengan Jetbus (Royal Travego) ini merupakan pengembangan dari produk sebeumnya yatu New Travego. Penggabungan antara nama owner Adi Putro Bpk Jetrokusumo dengan nama kendaraannya yaitu BUS. Sebelum munculnya Jetbus ada juga nama produk yang di hasilkan Adi Putro seperti Deam Liner, Tourismo (ini merupakan body awal yang dibuat oleh Adi Putro), Setra Tanpa Selendang, Batch, Neoplan, Van Hool, Sprinter, Travego, Setra (Old Setra Dan New Setra), New Travego, New Marcopolo, dan selanjutnya Royal Travego atau Jetbus. Sejak munculnya Produk Adi Putro dengan nama JETBUS, Banyak sekali PO yang rela antri untuk memesan karya dari Karoseri Adi Putro ini.

Berikut perkembangan produk dengan nama Jetbus :
  1. Jetbus 
  2. Jetbus HD (High Deck) 
  3. Jetbus HDSE (High Deck Super) 
  4. Super Jetbus 
  5. Jetbus HD2 
  6. Jetbus HD2 2542.

JETBUS ADIPUTRO JETBUS HD ADIPUTRO JETBUS HD ADIPUTRO

SUPER JETBUS ADIPUTRO JETBUS HD2 ADIPUTRO JETBUS HD2 2542 ADIPUTRO


Tahun 2014 ini di Jakarta International Expo, Kemayoran Jakarta ada pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS 2014). Adi Putro mengeluarkan bus mewah Mercedes-Benz OC 2542 500 RF triple axle dengan brand JETBUS HD2 2542. Yang mempunyai body terpanjang di Indonesia, pada saat ini rata-rata panjang bus adalah 12 meter sedangkan panjang body bus ini 14 meter selain itu bus ini mempunyai tingkat kenyamanan yang super eksekusif, tempat duduk yang berlapis kulit dan posisi 2-1 (2 Seat di sisi baris kanan dan 1 seat di sisi baris kiri), jika kita masuk ke dalam kita akan di buat serasa di pesawat pribadi karena area kabin yang luas serta menyenangkan dengan dilengkapi layar televisi 7” yang terdapat di setiap kursi. Kenyamanan juga akan terasa saat bus ini di kendarai karena menggunakan suspensi udara (air suspension). Dengan  JETBUS HD2 2542 yang mempunyai arti 25 untuk kemampuan beban maksimum 25 ton. Dan angka 42 merupakan simbul bus ini menggunakan tenaga maksimum bisa mencapai 420 Horse Power (HP).

Alamat Karoseri
Adi Putro Malang :
Jl.Balearjosari No.35, Karanglo – Malang, Indonesia
Tlp : +62 341 491 139 / +62 341 495 661
Fax : +62 341 491 904 (web : www.adiputrogroup.com)

Adi Putro Jakarta (PT Adi Putro Wirasejati)
Jl. Kapten P.Tendean No.47, Jakarta Selatan 12790, Indonesia
Tlp : +62 21 520 5293
Fax : +62 21 526 6229 (web : www.adiputrogroup.com)

Adi Putro Bekasi (PT Panca Karyadi Putra) Workshop
Jl. Raya Bekasi Km 27 Bekasi, Indonesia
Tlp : +62 21 889 76638 / +62 21 889 76632
Fax : +62 21 889 76633 (web : www.adiputrogroup.com





Morodadi Prima

Morodadi Prima merupakan salah satu karoseri yang juga terletak di Malang. PT Morodadi Prima merupakan sebuah perusahaan yang di pimpin oleh Bpk Lie Bambang Gunawan. Perusahaan yang cukup tua berlokasi di Malang yang di bangun tahun 1964. Pada saat awal berdirinya perusahaan ini, Karoseri ini memproduksi Minibus T 100 klasik L300 karena dengan area yang kecil dan fasilitas sederhana, lama kelamaan perusahaan ini berkembang menjadi sebuah perusahaan yang besar dengan nama Morodadi pada tahun 1978. 

Morodadi mempunyai filosofi yang bagus yaitu “Kepercayaan”. Kepercayaan antara pelanggan dengan perusahaan. Kalau di jabarkan kata Morodadi berasal dari kata Moro dan Dadi yang mempunyai arti jika Anda datang (Moro) ke perusahaan untuk membangun kendaraan Anda, Anda akan mendapatan produk jadi yang bekualitas tinggi (Dadi).

Karoseri ini menjadi PT. Morodadi Prima pada Desember 1993, yang mempunyai logo singa, yang melambangkan kerajaan Singosari yang mempunyai semangat tinggi dan etika kerja yang baik. Dengan semangat dan kerja keras, karoseri Morodadi Prima dapat menghasilkan karya yang luar biasa. Terbukti dengan adanya sertifikat dari Mercedes Benz Indonesia pada tahun 2010 dan 2012 karena Proses dan produk yang di hasilkan dari karoseri Morodadi Prima telah memenuhi Standard Quality Gate Assessment. Serta pada tahun 2012 pula Morodadi  Prima mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008, tentang sistem manajemen mutu. Ini membuktikan bahwa karoseri Morodadi Prima selalu menjaga kualitas tetap menjadi yang utama. Sudah hampir 50 Tahun lebih karoseri Morodadi Prima berkarya untuk Indonesia, tepat pada Hari Sabtu, 24 Mei 2014. Berulang Tahun yang ke 50, semenjak berganti nama mejadi karoseri Morodadi Prima. Semakin lama karoseri Morodadi Prima menunjukkan hasil yang memuaskan, tidak membuat karoseri ini terus berpuas diri dengan apa yang meraka perolah. Karoseri Morodadi Prima terus selalu melakukan inovasi dan perubahan untuk memberikan hasil dan pelayanan yang baik untuk para pelanggan karoseri.

Dokumentasi Foto Produk Karya Morodadi Prima di Awal-awal perjalanan.




Banyak sekali pelanggan atau perusahaan otobus yang menjadi pelanggan setia dari karoseri Morodadi Prima. Selain mengerjakan Bus Besar, Sedang dan kecil karoseri Morodadi Prima juga mengerjakan mobil-mobil khusus seperti Ambulans, mobil jenazah, dll. Salah satu produk karoseri Morodadi yang cukup terkenal yaitu New Ventura dan Patriot,  

Berikut ini adalah karya produk dari karoseri Morodadi Prima sebagai berikut :
New Travego, New Travego edisi 2, New Travego edisi 2.1, New Travego edisi 2.2, New Travego edisi 2.3, Tourismo, Ventura, New Ventura, Patriot, New Patriot , Zonda.


New Travego edisi 2
New Travego edisi 2.3
New Ventura
Tourismo

New Patriot

Zonda



Ada salah satu yang menarik dari Bus Safari Dharma Raya ini, bus yang di kerjakan oleh kareseri Morodadi ini sangat menarik karena Bus yang terdapat sunroof, jika kita masuk kedalam maka akan terlihat langit di atas kita, meskipun begitu suhu ruangan di dalam bus tidak akan terasa panas, karena didalam bus terdapat pendingin. Sehingga akan terasa sejuk.




New Partiot yang di kerjakan Morodadi Prima untuk Safari Dharma Raya ini memang beda, karena memiliki sunroof, langit akan terlihat cukup jelas kalau kita melihat dari dalam.

Alamat karoseri :
PT. Morodari Prima (Malang)
Jl. Raya Randu Agung, Singosari Malang. Jawa timur-Indonesia
Tlp : +62 341 458 333 (Hunting)
Fax : +62 341 458 838 (web : www.morodadiprima.com )

PT. Morodari Prima (Bali)
Jl. Mahendratta 138, Padang Sambian, Denpasar Barat. Bali-Indonesia
Tlp : +62 361 846 6038 (Hunting)
Fax : +62 361 846 6388 (web : www.morodadiprima.com )


Dari Berbagai Sumber