bispariwisata.blogspot.com Merupakan Solusi Praktis Sewa Bus Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Bandar Udara Trunojoyo Sumenep



Bandar Udara Trunojoyo

Bandar  Udara Trunojoyo  adalah Bandar udara yang  terletak di Kabupaten Sumenep di Pulau Madura. Bandar Udara ini diresmikan pada Tahun 2010 yang di pergunakan untuk Flying School (Sekolah Penerbangan) oleh Merpati Nusantara Airlines. Pembangunan Bandar Udara Trunojoyo di lakukan pada masa pemerintahan Bupati Soemaroem Tahun 1970 an. Pada saat awal pembangunan Bandar Udara ini di awali dengan menerbangkan jemaah haji dari Sumenep langsung ke Surabaya tanpa melalai jalur darat.

Pada Tahun 2011 pemerintah membebaskan lahan yang awalnya 905 meter menjadi 1.600 meter untuk perjalanan runway bandara. Dan pada Tahun ini pula ada rencana perubahan nama yang dari Bandar Udara Tunojoyo menjadi Bandar Udara Abdurrahman dengan tujuan untuk mengingatkan masyarakat Sumenep bahwa mereka mempunyai pemimpin bijaksana yang di cintai oleh rakyatnya. Pada Tahun 2012 ada 2 sekolah yang memanfaatkan bandara ini yaitu Merpati Nusantara Airlines dan PT Wings Umar Sadewa.

Bandar Udara Trunojoyo akan segera di komersilkan dengan jalur penerbangan Sumenep – Surabaya, Surabaya – Bali, Bali – Sumenep oleh Pemerintah Kabupaten Sumenep.

Dan dari informasi tempo.co (02/07/14) menyebutkan bahwa per Tanggal 14 Juli 2014, Trigana Air melayani rute Sumenep – Surabaya. Dan menurut Bupati Sumenep KH Busyro Karim sudah memastikan untuk di bukanya rute tersebut yaitu dari Sumenep – Surabaya dari Bandar Udara Tronojoyo. Dan PT Trigana Air juga persiapan untuk membuka kantor. Selain itu Bupati Busyro juga mengatakan selain rute ke Surabaya, Trigana juga melayani rute Sumenep - Banjarmasin dan Sumenep - Denpasar. Dan biaya dari Sumenep ke Surabaya berkisar antara 300-400 ribu.

Dengan dibukanya Bandar Udara Trunojoyo Sumenep dan adanya jembatan Suramadu ini akan membuat Pulau Madura secara perlahan akan berkembang baik dari sisi pembangunan, industry maupun pariwisata. Pada saat di resmikannya jembatan Suramadu pada 10 Juni 2009 sudah memberikan dampak yang sangat besar bagi Madura, Apalagi dengan adanya Bandar Udara Trunojoyo yang di buka untuk umum. Yang bisa memberikan dampak positif bagi semua pihak.